ke Pengenalan Steemit ~ Sekolah Jurnalistik dan Multimedia (SJM)

Pengenalan Steemit




APA ITU STEEMIT?
 
STEEMIT adalah platform blog media sosial seperti fesbuk yang bisa memposting konten kreatif dari penulis, fotografer, desainer, videografer, perupa, dll.  Pada Steemit kita pun bisa saling berinterasi komentar dan pencet tombol "upvote" (spt "like" di fesbuk) bila kita menyukai konten postingan tsb. Pada platform ini akan terus ada dan terpelihara bila antaruser melakukan postingan dan saling kurasi.

KURASI disini maksudnya adalah melakukan komentar/kritik/saran yg bermanfaat bagi postingan akun lain. Kita juga bisa melakukan RESTEEM (spt share di fesbuk) = membagikan sekaligus menyimpan postingan akun lain ke dalam wall blog steemit kita.

Platform Steemit dirilis dalam versi beta.  Dalam satu dekade terakhir, beberapa Media Sosial konvensional seperti Facebook, twitter, Instagram, Reddit, Path, Pinterest, dan lain-lain tumbuh besar bersama jutaan user setianya. Akan tetapi, relasi yang terbangun antar pengguna hanya sebatas relasi tanpa adanya perubahan secara finansial.

Realita demikian telah menggerakkan naluri berpikir seorang @ned-Scott dan @dan-Larimer mendirikan Steemit Inc pada 15 Maret 2016. Itu adalah kehadiran Media Sosial moderen pertama yang berbasis Teknologi Blockchain bernama Steem. Steemit merupakan perusahaan yang relatif baru, yang didirikan pada tahun 2016 awal oleh Ned Scott dan Daniel Latimer.

Ned Scott sebelumnya bekerja untuk Gellert Global Group, sebuah grup yang dimiliki keluarga ekuitas swasta yang memegang banyak perusahaan makanan Amerika Utara. Kemudian, Daniel Latimer adalah pendiri Bitshares, yang memiliki 11 kapitalisasi pasar terbesar di antara semua cryptocurrencies.

Steemit memberikan peluang kepada Pencipta Konten Kreatif untuk berkreasi menciptakan karya yang positif dan informatif. Pengguna Steemit yang disebut Steemian akan memperoleh Rewards dari kreativitasnya yang disukai (voter) Steemian lain.

Reward dari menciptakan konten disebut Author Reward, dan Curation Reward adalah Reward yang diperoleh dari mengkurasi (Upvote) Konten yang dibuat Steemian lain. Reward yang banyak di Steemit berarti kesuksesan telah diraih.


Sedikit Tips dalam memposting di Steemit

Steemit memperkenankan setiap kreator konten (penulis, fotografer, desainer, videografer, perupa, dan seterusnya) untuk memposting karyanya maksimal empat kali sehari. Sejumlah Steemian senior mengatakan jeda posting antar tulisan atau karya itu minimal empat jam. Artinya jarak posting antara tulisan pertama dengan kedua empat jam, tulisan kedua dengan ketiga emapat jam, dan tulisan ketiga dengan keempat empat jam. Jika Anda posting satu tulisan perhari, akan aman menggunakan rumus: "10=1," (rumus @bahagia-arbi). Artinya, bagi pemula, cukup memposting 1 tulisan original (bukan copas) dan berkomentar 10 kali di akun orang lain. Setelah posting tulisan, tinggal komentar dan vote di akun teman-teman di kala senggang.



------------o0o------------

STEEMIT and FACEBOOK
by @levycore (69)
Kurator dan Ketua Komunitas Steemit Indonesia
.
Apa yang membedakan steemit dan media lain? Kebanyakan dari kita sudah pasti tahu perbedaanya, setidaknya kita menyimpulkan bahwa steemit memberikan kita reward sementara media lain tidak. Ini bisa diterima!

Saya mengambil contoh satu media yang cukup terkenal, facebook. Tentu, banyak dari kita sudah sedang menjadi pengguna setianya sementara di sisi lain banyak pengguna tidak lagi merasa nyaman dengan media ini.

Ada yang bilang facebook membuang waktu, tapi jangan salah, facebook telah membuat orang yang tidak dikenal menjadi terkenal.

Facebook memberikan reward dalam bentuk lain untuk pengguna tertentu. Ia membuat trobosan untuk mendorong orang-orang di dunia ini untuk unjuk gigi di di media ini.

Facebook menyediakan ruang menampilkan foto, ruang menulis, sehingga banyak dari kita menggunakannya untuk memberi tahu siapa kita. Itulah sekilas tentang facebook.

Sekarang, mari kita bandingkan dengan steemit. Seperti kita tahu bersama, steemit memberikan lebih yang kita harapkan, setiap kata yang kita tulis dihargai, tapi masalahnya banyak dari kita masih membawa suasana facebook ke steemit.

Anda tidak bisa memperoleh popularitas secepat facebook tapi anda bisa kaya jika anda serius menekuni karya anda di steemit. Jadi, mana yang lebih anda sukai, popularitas atau kaya, kita tentu ingin keduanya. Itu juga bisa diterima!

Sekarang banyak pengguna facebook berimigrasi ke steemit karena steemit telah menunjukkan kinerja terbaik untuk orang-orang yang produktif, banyak orang bergabung di steemit makin banyak pula jenis karya yang kita dapatkan.

Banyak mantan pengguna facebook berpikir bahwa steemit sama dengan facebook dimana mereka bisa memposting apa yang mereka suka, tanpa mempedulikan bahwa steemit memiliki aturan dan pendeteksi plagiat sementara facebook tidak memiliki yang demikian.

Jika anda berpikir steemit seperti facebook, maka anda akan memposting konten asal-asalan alias sampah. Sampah tidak memiliki ruang disini, orang-orang ingin yang terbaik dari anda bukan sebaliknya.

Saya bisa merasakan pengguna post sekarang masih dipengaruhi gaya facebook sementara karena mereka terkesan tidak ada rasa tanggung jawab dengan konten yang sudah mereka buat. Mereka tidak peduli akan kualitasnya, ya, steemit seperti facebook, begitu kata mereka. Mereka lebih cenderung berpikir bahwa steemit sebagai media pelarian dimana mereka bisa mendapatkan dolar dengan memposting yang terkesan asal-asalan. Menjengkelkan, tapi saya mengerti bahwa pemilik postingan masih pemula.

Untuk mengatasi hal ini, saya mendorong kawan-kawan untuk tidak melihat steemit seperti facebook. Steemit sangat berbeda dengan facebook. Anda tidak bisa melakukan di steemit seperti yang anda lakukan di facebook, artinya setidaknya kawan-kawan bisa membedakan konten facebook dan steemit.

Dengan demikian, para pemula harus selalu berkomunikasi dengan pengguna yang berpengalaman untuk membantu mereka cara yang membenar menggunakan steemit.

Jangan berpikir bahwa perbedaan steemit dan facebook hanya mendapatkan uang saja, tapi berpikirlah lebih jauh, bahwa steemit adalah tempat untuk menunjukkan kualitas dan kreativitas anda.

Inilah perbedaan utama antara steemit dan facebook.

Jika anda ingin mendapatkan uang, anda harus memiliki skill yang berkualitas, semua kita pasti memilikinya, sehingga cocok dengan pemasukan yang anda dapatkan jika anda berpikir steemit adalah tempat yang anda hanya mampu menampilkan konten asal-asalan, dan menganggap sudah oke dengan itu, maka dikwatirkan prospek anda akan berakhir disini.

Orang-orang menyukai kreativitas anda bukan sebaliknya.
.
.
Sumber:
https://steemit.com/steemit/@levycore/steemit-and-facebook

------------o0o------------

6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Steemit

Menurutku, Steemit ini memang beda, unik dan asyik! Aku yakin, kalian juga tentu sependapat denganku. Lalu apa sajakah keunikan itu?

Yuk, kita coba lihat satu persatu, yuk!

1. Password Steemit

Jika pada akun-akun lainnya (baik email maupun social media yang kita punya selama ini), kita punya pilihan untuk mengubah password yang dikirim kepada kita menjadi password yang mudah kita ingat atau kita simpan, maka pada steemit hal ini TIDAK berlaku, sobs!

Password steemit dibentuk oleh algoritma dengan sistem Blockchain yang dikirim ke email kita untuk satu kali login only! Begitu proses konfirmasi selesai/confirmed, maka password tadi akan hilang dari daftar email masuk. Hayyah, watchout! Hati-hati!

2. NO Password Recovery Option

forgot password.png
Musibah kan melanda jika kita lupa password,
yes, for sure!

Forgot password? Itu adalah hal paling lazim yang pasti sering kita alami dalam kehidupan kita kan? Sekali atau malah berulang kali. Dan seperti biasa, itu bukanlah masalah besar. Cukup klik forgot password, maka kita akan dibantu untuk me-recovery password-nya, dan kembali bisa login. Tadaaa!

Namun..., lain ceritanya kalo di steemit, sodara-sodara! Forgot password? Maka selamat tinggal steemit! Jangan harap kita bisa masuk kembali karena tak ada tangan dewa yang akan membantu kita untuk me-recovery password. Mau tidak mau kita harus mencari cara untuk mengingat password panjang nan 'keriting uwel-uwel' itu, jika kita memaksa untuk bisa masuk kembali. Karena password-nya ga bisa diganti, harus yang ITU lagi. Steemit itu persis cinta sejati, sekali untuk selamanya, haha.

Disinilah kita sering terjebak, sobs! Kita sangka, password steemit selazim password akun-akun kita yang lainnya. Jadi kita tak terlalu menganggap perlu untuk menyimpannya dengan extra hati-hati. So, mulai sekarang, setelah baca tulisan ini, yuk, kita save steemit password dalam beberapa tempat aman dan terpercaya, yuk! Awas lho, jangan sampe nangis bombay karena hilang password. Sip okesip?

3. Mr. Cheetah

Benci aksi plagiasi? Sama! Aku pun benci level dewa sama yang namanya plagiator dan aksi plagiasi! Tenang, sobs! Di steemit, kita punya Mr. Cheetah. Jangankan menjiplak karya orang lain dan mempostingnya di lapak steemit kita, menyalin artikel atau karya apapun yang pernah kita publish di lapak dunia maya kita yang lain saja, kita bisa 'kecium' tuh sama mr. Cheetah, dan didatanginya tanpa tedeng aling-aling, lho! Kita bakalan disemprit!

Apalagi jika kita menggunakan/menjiplak/plagiasi karya orang lain, maka siap-siap lah terkena sanksi dari Mr. Cheetah. Akibatnya? Reputasi bisa turun. So? Sip banget kan sistemnya di steemit ini?

4. Reward

Nah, ini! Jika di platform social media lainnya, kita hanya diberi 'lapak' untuk berkreasi, untuk update status sesuka hati, berkomentar di lapak teman atau orang lain sesuka hati pula, tapi tidak mendapatkan reward/earning money, maka di steemit ini, kita akan memperoleh reward untuk setiap postingan kita, vote mau pun berkomentar di postingan-postingan teman lainnya, lo! Seru kan?

Ya, walaupun untuk mendapatkan reward itu kita kudu mengeluarkan effort, tapi wajar lah ya? Ibaratnya sebuah ladang, tentu butuh upaya dari petaninya untuk membajak, menebar benih, menyiram dan memeliharanya hingga tumbuh menghasilkan panen yang berarti. Steemit unik banget, ya, sobs?

Jadi ga heran kan jika melihat orang yang berbondong-bondong hijrah ke steemit. Banyak sekali yang langsung tergiur begitu mendengar bahwa steemit mengapresiasi setiap usaha yang kita lakukan di sini. Bahwa kita dapat menghasilkan banyak uang dari 'nyemit', hehe. Ga salah sih, tapi ya itu tadi. Kudu usaha yang baik dan bener!

5. Komunitas yang solid

Nah, ini juga yang bikin aku semakin jatuh hati bergabung di steemit. Selain bisa berteman dengan para steemians around the world, aku tuh hepi banget karena steemit sendiri memiliki komunitas steemit dari berbagai negara. Dan di setiap negaranya dibentuk pula komunitas steemit dari berbagai daerah/kota sehingga kita menjadi seperti keluarga besar yang kompak, saling support dan solid! I am happy to be steemian and joined the communities!

6. Meet Up Komunitas Steemit

Selain memiliki komunitas di berbagai daerah (kota/kabupaten/provinsi), maka sering pula diadakan temu muka (kopdar/meet up) di mana para anggota komunitas ini bisa bertemu, berdiskusi dan saling bertukar informasi serta pengetahuan. Jadi bisa saling upgrade ilmu juga menjalin silaturrahmi. Seperti yang diadakan bulan lalu di Banda Aceh, di mana menghadirkan steemian-steemian dari berbagai daerah di Aceh, dan turut pula dihadiri oleh steemian-steemian senior dari luar Aceh.(/)

sumber
https://steemit.com/indonesia/@alaikaabdullah/uniquely-steemit

0 komentar:

Posting Komentar